Skip to main content

Fitur-Fitur Unggulan Aplikasi Prodeskel Input KK dan AK

Aplikasi input KK dan AK yang selama ini kami tulis, terbagi menjadi 2 bagian. Yang pertama adalah Input KK, yang kedua adalah Input AK. Akan kami jelaskan berikut dengan fitur-fitur unggulannya.

Penting! Aplikasi Input KK dan AK menggunakan database Kependudukan dalam bentuk excel. Anda harus mempunyai data2 tersebut untuk dapat menggunakan aplikasi ini secara maksimal.

1. Aplikasi Input KK

Fungsi utama adalah mengisi data Kepala Keluarga. Di Prodeskel, ada di menu DDK -> Entri Data -> KK Baru. Tampilan di Prodeskel kurang lebih seperti ini.



Fitur Aplikasi Input KK sebagai berikut
1. Pengisian Otomatis, cukup tekan F2 pada baris No. KK
2. Simpan Otomatis

Catatan:
- Isian Alamat akan terisi dengan format Nama Desa - Nama Kecamatan
- Isian Nama Dusun kosong (tidak terisi)
- Isian Sumber Data terisi dengan BIP Tahun 2013
- Pada versi 1, menu simpan otomatis tidak diaktifkan, sehingga anda bisa mengedit data jika diperlukan

2. Aplikasi Input AK

Fungsi utamanya untuk mengisi AK. Jadi setelah KK selesai, kita lanjutkan mengisi AK dengan aplikasi ini. Pada Prodeskel, masuk ke menu DDK -> Entri Data -> AK. Tampilannya kurang lebih seperti di bawah ini.



Fitur Aplikasi Input AK sebagai berikut
1. Pengisian Otomatis, cukup tekan F2
2. Simpan Otomatis

Catatan:
- Aplikasi hanya akan menginput secara otomatis sampai pada baris Nama Bapak/ Ibu
- Isian di bawah Nama Bapak/ Ibu tidak terisi karena data Kependudukan biasanya tidak memuat data itu. Anda bisa mengisinya secara manual jika sudah punya datanya.
- No. Akte Kelahiran tidak terisi otomatis
- Etnis tidak terisi otomatis
- Golongan Darah terisi Tidak Tahu

Add Facebook saya untuk mendapatkan aplikasi ini https://www.facebook.com/bayu.ratri

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Meng-edit atau Menghapus Data Kepala Keluarga Aplikasi Prodeskel

Apabila setelah mengiput data KK pada aplikasi prodeskel, ternyata ada kesalahan, maka anda dapat meng-edit atau menghapus data KK tersebut. Caranya sebagai berikut Pertama, login ke aplikasi prodeskel, kemudian klik DDK -> entry data. Maka akan tampil data KK yang telah di input. Perhatikan tanda/ logo pensil kuning yang kami beri tanda. Kedua, klik tanda pensil untuk data KK yang akan anda edit atau hapus. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini Ketiga, edit bagian yang salah, kemudian klik simpan. Atau hapus data KK tersebut. Selesai, mudah bukan? Catatan: Akan lebih menghemat waktu jika anda mengedit KK dibanding menghapus KK. Apabila KK tersebut dobel atau sudah pernah dimasukkan, timpa saja data yang ada dengan data KK baru, kemudian simpan

5 Jenis Administrasi Pemerintahan Desa

Sesuai dengan Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa, salah satu kewajiban pemerintah desa adalah menyelenggarakan tertip administrasi desa yang mampu berfungsi sebagai sumber data dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. "Pemerintahan desa yang baik dan bersih ( good governance dan  clean governance ) harus selalu melekat dalam p enyelenggaraan pemerintahan Desa, baik dalam  pelaksanaan tugas, fungsi, kewenangan, hak, dan kewajiban yang dimiliki oleh pemerintahan Desa". Baca:  Kades Harus Paham Akuntasi Desa .   Dalam Permendagri No. 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa, disebutkan Pemerintahan Desa adalah keseluruhan proses kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai Pemerintahan Desa pada Buku Register Desa, dan p engembangan buku register desa yang diperlukan serta menyelenggarakan pelaporan sesuai ketentuan perundang-undangan . Jenis-Jenis Administrasi Pem

Kode Rekening APBDes pada Aplikasi SisKeuDes

Kode rekening  APBDes  pada Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes)  terdiri dari 4 level yang terdiri dari: (a) Akun, (b) Kelompok, (c) Jenis, dan (d) Obyek.  Kode rekening APBDes level 1 s.d 3 sudah dibakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa. Sedangkan kode rekening APBDes pada level 4 disusun sesuai dengan kebutuhan daerah dengan memperhatikan Permendagri 113 Tahun 2014. Kode rekening pada level 4 pada  Aplikasi Siskeudes  adalah kode rekening default yang disusun berdasarkan modul Bimkon yang diterbitkan Deputi PPKD BPKP. Kode rekening tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Masing-masing Pemda dapat melakukan perubahan rekening tersebut dan dibakukan melalui Peraturan Kepala Daerah yang mengatur tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.  Perubahan kode rekening per desa pada aplikasi Siskeudes tidak diperbolehkan dan harus dibakukan seragam untuk satu pemda tertentu. Pembakuan i