Skip to main content

Ringkasan Sambutan Keuchik pada malam pertama Shalat Tarawih

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena kita semua masih Allah berikan kesempatan umur dan kesehatan untuk bertemu dengan bulan suci Ramadhan 1435 H. Semoga ibadah kita mendapatkan ridha dan diterima oleh Allah SWT.


Selanjutnya, Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan atas Nabi Muhammad SAW, dan atas semua keluarganya, para shahabatnya, para tabi`in, dan semua yang mengikuti mereka dengan baik sampai hari pembalasan.


Yang saya hormati, Tgk. Didayah, Tgk. Imam Mesjid, Tgk. Imam Meunasah, Tuha Peut, Pemuda & Remaja Mesjid serta hadirin wal hadirat jamaah shalat Insya dan Tarawih yang di muliakan Allah SWT. 


Hadirin sidang jamaah shalat Insya dan Tarawih yang saya muliakan


Rasulullah bersabda;


"Barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap pahala (keridhaan) Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu". (HR. Bukhari)


Oleh karena itu, atas nama Keuchik Gampong Riseh Tunong saya mengajak seluruh warga, marilah kita isi bulan suci Ramadhan 1435 H dengan penuh keikhlasan seraya berharap semoga Allah menerima ibadah kita semua.


Bapak/Ibu dan sidang jamaah Shalat Insya dan Tarawih yang di rahmati Allah.


Bulan Ramadhan yang mulia ini adalah bulan yang agung. Amalan-amalan shalih yang kita kerjakan pada bulan itu dilipatgandakan (pahalanya), dosa dan kesalahan akan terampuni bagi siapa saja yang berpuasa dan mendirikannya (dengan amalan-amalan kebajikan) dengan penuh keimanan kepada Allah SWT.


Sebagaimana kita ketahui bersama. Bahwa pada 10 awal bulan Ramadhan, Allah SWT menurunkan berkah dan pada 10 pertengahan Allah turunkan rahmat dan pada 10 akhir Ramadhan Allah turunkan ampunan.


Bapak/Ibu dan sidang jamaah Shalat Insya dan Tarawih yang di rahmati Allah.


Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an oleh Allah SWT sebagai penjelas, petunjuk antara yang haq dan yang bathil. 


Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan).


Allah ta’ala berfirman;


“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr [97] : 1-3)


Hadirin sidang jamaah shalat Insya dan Tarawih yang saya muliakan


Semoga puasa kita di ridhai Allah. Maka dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya atas nama keuchik gampog Riseh Tunong, menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa serta memohon maaf lahir dan bathin. 


Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,

Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Meng-edit atau Menghapus Data Kepala Keluarga Aplikasi Prodeskel

Apabila setelah mengiput data KK pada aplikasi prodeskel, ternyata ada kesalahan, maka anda dapat meng-edit atau menghapus data KK tersebut. Caranya sebagai berikut Pertama, login ke aplikasi prodeskel, kemudian klik DDK -> entry data. Maka akan tampil data KK yang telah di input. Perhatikan tanda/ logo pensil kuning yang kami beri tanda. Kedua, klik tanda pensil untuk data KK yang akan anda edit atau hapus. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini Ketiga, edit bagian yang salah, kemudian klik simpan. Atau hapus data KK tersebut. Selesai, mudah bukan? Catatan: Akan lebih menghemat waktu jika anda mengedit KK dibanding menghapus KK. Apabila KK tersebut dobel atau sudah pernah dimasukkan, timpa saja data yang ada dengan data KK baru, kemudian simpan

5 Jenis Administrasi Pemerintahan Desa

Sesuai dengan Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa, salah satu kewajiban pemerintah desa adalah menyelenggarakan tertip administrasi desa yang mampu berfungsi sebagai sumber data dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. "Pemerintahan desa yang baik dan bersih ( good governance dan  clean governance ) harus selalu melekat dalam p enyelenggaraan pemerintahan Desa, baik dalam  pelaksanaan tugas, fungsi, kewenangan, hak, dan kewajiban yang dimiliki oleh pemerintahan Desa". Baca:  Kades Harus Paham Akuntasi Desa .   Dalam Permendagri No. 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa, disebutkan Pemerintahan Desa adalah keseluruhan proses kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai Pemerintahan Desa pada Buku Register Desa, dan p engembangan buku register desa yang diperlukan serta menyelenggarakan pelaporan sesuai ketentuan perundang-undangan . Jenis-Jenis Administrasi Pem

Kode Rekening APBDes pada Aplikasi SisKeuDes

Kode rekening  APBDes  pada Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes)  terdiri dari 4 level yang terdiri dari: (a) Akun, (b) Kelompok, (c) Jenis, dan (d) Obyek.  Kode rekening APBDes level 1 s.d 3 sudah dibakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa. Sedangkan kode rekening APBDes pada level 4 disusun sesuai dengan kebutuhan daerah dengan memperhatikan Permendagri 113 Tahun 2014. Kode rekening pada level 4 pada  Aplikasi Siskeudes  adalah kode rekening default yang disusun berdasarkan modul Bimkon yang diterbitkan Deputi PPKD BPKP. Kode rekening tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Masing-masing Pemda dapat melakukan perubahan rekening tersebut dan dibakukan melalui Peraturan Kepala Daerah yang mengatur tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.  Perubahan kode rekening per desa pada aplikasi Siskeudes tidak diperbolehkan dan harus dibakukan seragam untuk satu pemda tertentu. Pembakuan i